Jumat, 16 Oktober 2015

Berbagai Manfaat daun sirih bagi kesehatan keluarga anda

Manfaat daun sirih memang sudah dipercaya dapat digunakan sebagai obat dari berbagai macam gangguan kesehatan. Sirih adalah tanaman asli dari Indonesia yang sudah dikenal sebagai salah satu tanaman obat yang memiliki banyak khasiat untuk kesehatan. Tanaman rambat ini dapat mencapai tinggi hingga 15 meter dengan panjang daun sekitar 5 – 8 meter dan memiliki lebar 2 – 5 meter. Pada zaman dahulu, daun sirih digunakan sebagai obat yang dipercaya dapat menguatkan dan menjaga kesehatan gigi, caranya adalah memakan daun sirih beserta dengan buahnya dan kemudian dikunyah bersama dengan gambir, pinang dan kapur. Kegiatan ini terkenal dengan sebutan nginang.
Manfaat daun sirih untuk kesehatan tidak terlepas dari kandugan-kandungan yang ada di dalam daun sirih seperti minyak atsiri yang mengandung betlephenol, pati, diatase, seskuiterpen, antioksidan, anti jamur dan juga kavikol adalah zat yang memiliki kekuatan untuk membunuh kuman.
Karena kandungan daun sirih tersebutlah ada beberapa manfaat dari daun sirih untuk kesehatan, diantaranya sebagai berikut.
Manfaat daun sirih bagi kesehatan keluarga
Image kredit : www.liputan6.com


Manfaat daun sirih untuk kesehatan

1.    Menyembuhkan mimisan
Manfaat daun sirih yang satu ini memang terkenal sampai ke seluruh lapisan masyarakat. cara menyembuhkan mimisan dengan menggunakan daun  sirih adalah selembar daun sirih gulung daun sirih kemudian masukan kelubang hidung ini dimksudkan untuk menyumbat keluarnya darah dari dalam hidung.
2.    Untuk menghilangkan bau mulut
Untuk menghilangkan bau mulut menggunakan daun sirih adalah dengan cara merebus beberapa daun sirih kemudian air rebusan tadi digunakan untuk berkumur.
3.    Mengobati keputihan pada wanita
Caranya adalah rebus beberapa helai daun sirih kemudian gunakan air rebusn tadi untuk mencuci daerah kewanitaan secara berulang-ulang.
4.    Pengobatan untuk diare
Caranya adalah tumbuklah lima lembar daun sirih dan enam biji merica, tumbuk sampai halus kemudian tambahkan satu sendok makan minyak kelapa dan oleskan pada perut.
5.    Mengobati alergi
Caranya adalah 6 lembar daun sirih,1 potong jahe diumbuk sampai halus kemudian campurkan dengan minyak kayu putih dan digososkan ke bagian yang alergi.
Ada berbagai macam manfaat daun sirih untuk kesehatan keluarga anda. Jadi daun sirih dapat dijadikan pengobatan pertama yang dapat anda lakukan jika salah satu anggota keluarga anda mengalami masalah kesehatan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar