Jumat, 26 Februari 2016

Mengenal fungsi temulawak atasi gangguan pencernaan

Tentunya anda sudah tahu akan tanaman obat yang bernama "Temulawak", bukan! Tanaman yang sering dijumpai dikebun-kebun atau bahkan dipekarangan-pekarangan rumah ini ternyata memiliki fungsi sebagai obat tradisional untuk mengatasi gangguan pencernaan. Fungsi temulawak juga sering kali digunakan untuk pengobatan penyakit maag.
Tak heran jika anda tinggal diperkampungan sering melihat tukang jamu yang digendong banyak ramuannya dari temulawak. Tak hanya jamu gendong saja yang menjual ramuan temulawak. Dan bahkan fungsi temulawak juga sering dijadikan obat herbal dalam kemasan, baik 100% yang terbuat dari temulawak maupun hanya sebagai campuran saja.

Fungsi temulawak untuk kesehatan
Fungsi Temulawak


Kandungan Temulawak
Fungsi temulawak memang dipercaya untuk mengatasi beberapa penyakit, itu karena temulawak memiliki kandungan yang sangat banyak dan bermanfaat bagi tubuh kita. Kandungan Temulawak antara lain berupa fellandrean dan turmerol, minyak atsiri, kamfer, glukosida, foluymetik karbinol dan an kurkuminoid. Kurkuminoid terdiri atas kurkumin dan desmetoksikurkumin, yang bermanfaat menetralkan racun, menghilangkan nyeri sendi, meningkatkan sekresi empedu, menurunkan kadar kolesterol jahat dan trigliserida darah, antibakteri, mencegah pelemakan dalam sel-sel hati, dan antioksidan.

Cara meramu untuk mengatasi gangguan pencernaan maupun maag, biasanya rimpang temulawak dikupas sampai bersih, kemudian direbus dengan air bersih. Lalu air rebusan diminum sebagai obat untuk mengatasi gangguan pencernaan tersebut.

Bagi anda yang sering mengalami gangguan pencernaan maupun sakit maag, ada baiknya menanam tanaman temulawak ini dipekarangan maupun dikebun dekat rumah anda agar jika rasa sakit kambuh, anda bisa mengambil temulawak tersebut dengan mudah. Demikian artikel singkat mengenai fungsi temulawak bagi kesehatan, semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar