Minggu, 31 Januari 2016

Kegunaan bawang merah mentah untuk obat tradisional

Bawang merah yang selama ini dikenalk sebagai bumbu dapur, ternayata memiliki kegunaan untuk dijadikan obat tradisional. Memang cukup banyak referensi yang menuliskan tentang kegunaan bawang merah mentah, baik di buku-buku tentang keehatan, majalah kesehatan, literatur kuno maupun artikel di internet. Nah jika anda belum tahun akan kegunaan dan khasiat bawang merah mentah untuk kesehatan, berikut adalah beberapa khasiat bawang merah yang masih mentah untuk pengobatan penyakit kencing manis dan demam pada anak.




Tanaman Bawang merah
Bawang merah adalah tanaman Herba semusim yang tidak berbatang. Daun tunggal memeluk umbi lapis. Umbi lapis menebal dan berdaging,warna merah agak keputihan. Perbungaan berbentuk bongkol,mahkota bunga berbentuk bulat telur. Buah batu bulat yang berwarna hijau. Biji segi tiga warna hitam.

Kandungan bawang merah
Kegunaan bawang merah mentah cukup berkhasiat karena bawang merah mengandung zat/senyawa yang banyak yang bermanfaat untuk tubuh. Diantaranya bawang merah mengandung minyak atsiri, sikloalin, peptida, fitohoron, metilaliin, dihidroaliin,flavonglikosida, kuersetin, saponin, vitamin dan zat pati.

Kegunaan bawang merah mentah dan Resep ramuannya


1. Kencing Manis
Ternyata kegunaan bawang merah mentah yang pertama adalah bisa dijadikan sebagai obat kencing manis, sedangkan bahan-bahan yang digunakan adalah :
- Umbi bawang merah (dirajang) 4 gr
- Buah buncis (dirajang) 15 gr
- Daun salam (dirajang) 10 helai
- Air 120 ml

Cara pembuatan :
- Dibuat infus, cara pemakaian : diminum sehari 1 kali 100 ml.
Lama pengobatan :
- Diulang selama 14 hari

2. Demam dan Perut Kembung Pada Anak
Jika anak anda mengalami demam dan perut kembung, ada baiknya coba resep satu ini, dengan bahan-bahan adalah :
- Umbi bawang merah (potong tipis) secukupnya.
- Minyak kelapa secukupnya.
- Minyak kayu putih secukupnya.

Cara pembuatan :
- Bahan diremas-remas.
Cara pemakaian :
- Minyak dioleskan pada perut yang kembung,seluruh badan,kaki dan tangan pada anak yang demam.

kegunaan bawang merah untuk obat

Nah minimal ada 2 kegunaan bawang merah mentah untuk dijadikan obat tradisional yaitu sebagai obat kencing manis dan demam pada anak. Jika anda atau orang terdekat anda mengalami penyakit ini sebaiknya selain periksa ke dokter, juga bisa mencoba resep obat tradisional diatas, semoga bermanfaat.
Sumber : http://www.klatenherbal.com/blog/khasiat-bawang-merah-mentah-untuk-pengobatan/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar